NATO Minta Rusia Perbaiki Situasi Suriah

Editor: Ivan Aditya

BRUSSELS (KRjogja.com) – Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mendesak Rusia untuk menggunakan semua pengaruh dan kemampuan yang mereka miliki untuk memperbaiki situasi di Suriah. Stoltenberg menyebut salah satu cara agar situasi di Suriah kembali stabil adalah dengan dimulainya kembali gencatan senjata di negara tersebut.

"Saya bergabung dengan panggilan internasional agar Rusia menunjukkan upaya yang kredibel, untuk mengembalikan penghentian permusuhan guna untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan ke Aleppo dan untuk menciptakan kondisi yang diperlukan untuk pembicaraan transisi yang dipimpin PBB," ucapnya.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dari Eropa telah terlebih dahulu mendesak Rusia untuk mengerahkan semua yang mereka miliki untuk menyelamatkan gencatan senjata di Suriah. Desakan ini muncul setelah adanya serangan terbaru yang menghantam wilayah Aleppo.

Washington mengatakan, Moskow harus menggunakan semua pengaruh yang miliki terhadap semua pihak di kawasan untuk bisa menyelamatkan gencatan senjata, serta menghentikan serangan dan pertempuran di Suriah. Khususnya pertempuran yang terjadi di Aleppo. (*)

BERITA REKOMENDASI