Negosiasi Soal Brexit Molor

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa kembali molor karena keduanya belum sepakat terkait aturan penangkapan ikan dan persaingan usaha menjelang Brexit.

Semestinya kedua belah pihak harus sudah membuat kesepakatan terkait dua permasalahan itu pada Minggu (20/12/2020) malam kemarin waktu setempat. Proses perundingan dilakukan di Belgia yang menjadi kantor pusat Uni Eropa.

Akan tetapi, hingga Senin (21/12/2020) mereka tak juga membuat kesepakatan. Padahal Inggris akan keluar secara politik dari blok itu pada 31 Januari 2021 mendatang. Meski begitu, Inggris juga harus menyelesaikan dan meneken sejumlah kesepakatan dengan Uni Eropa pada pada 1 Januari mendatang.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, tidak merinci secara pasti apakah kesepakatan itu akan tercapai atau tidak. Dia mengklaim Inggris akan tetap untung besar walau kesepakatan itu tidak tercapai. “Bukannya kami tidak mau ada kesepakatan,” kata Johnson.

Perundingan antara Inggris dan Uni Eropa terkait aturan penangkapan ikan sampai saat ini masih buntu. Padahal tenggat akhir yang ditetapkan tinggal sepuluh hari lagi.

Jika tidak tercapai kesepakatan, dikhawatirkan akan membuat perpisahan Inggris dari Uni Eropa bakal membawa dampak buruk. Bila situasi itu yang terjadi, kedua belah pihak bakal menetapkan tarif impor komoditi, di samping aturan bea cukai yang akan berbeda jauh dan mempersulit perdagangan kedua belah pihak. (*)

BERITA REKOMENDASI