Nenek Tiri Kim Jong-un Meninggal Dunia

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Kim Song Ae, istri kedua pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung, dikabarkan meninggal. Perempuan kelahiran 1924 itu merupakan nenek tiri pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un.

Kabar duka tersebut dilaporkan oleh Korea Selatan tanpa menjelaskan kapan dan di mana tepatnya Kim Song Ae tutup usia. "Kami akan memperbarui daftar fakta mengenai oran-orang penting Korut dengan menguraikan kematiannya," ucap seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel.

Kim Song Ae disebut disudutkan keluarga lantaran perebutan kekuasaan pada beberapa dekade lalu. Dia juga dikabarkan menjadi tahan rumah karena gagal mempromosikan sang anak, Pyong Il, sebagai penerus takhta kepemimpinan.

Kim Il-Sung dilaporkan menikahi Kim Song Ae pada 1953, empat tahun setelah kematian istri pertamanya, Kim Jong Suk. Kim Jong Suk merupakan ibu dari Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un.

Selain Pyong Il, Kim Song Ae memiliki dua anak lain. Putra keduanya, Kim Yong Il, dikabarkan meninggal di Jerman pada 2000 lalu di umur 45 tahun.

Korut dikenal sebagai negara yang sangat tertutup. Kim Song Ae terakhir kali disebut-sebut dalam media pemerintah Korut pada 1995 lalu, ketika dia masuk dalam daftar orang yang hadir di pemakaman mantan Menteri Pertahanan Korut, O Jin U. (*)

BERITA REKOMENDASI