Netanyahu Batal Hadiri Sidang PBB

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membatalkan rencana kunjungannya untuk menghadiri rapat Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pekan ini.

Pembatalan lawatan itu diungkap salah satu sumber kepada AFP. Netanyahu dikabarkan membatalkan kunjungan ke New York lantaran "situasi politik" di Israel, di mana hasil penghitungan suara pemilihan umum sementara menunjukkan partainya, Likud, kalah tipis dari rival terberatnya, Koalisi Biru dan Putih yang dipimpin Benny Gantz, eks panglima militer.

Berdasarkan penghitungan lebih dari 95 persen suara yang sudah masuk, Netanyahu dan partainya, Likud, hanya meraup 32 kursi dari total 120 kursi parlemen. Sementara itu, Gantz, eks panglima militer Israel, mendapat 33 kursi.

Meski Gantz unggul tipis dari Netanyahu, hasil tersebut belum bisa memberikan Koalisi Biru dan Putih jalan yang jelas untuk membentuk pemerintahan baru. Jika hasil tersebut bertahan hingga penghitungan 100 persen suara, maka itu akan menjadi kemunduran besar bagi Netanyahu yang telah menjabat sebagai PM selama empat periode.

Hasil imbang ini juga memicu kemungkinan parlemen menggelar "penyatuan pemerintah" yang akan menggabungkan partai Netanyahu, Gantz, dan sejumlah partai lainnya dalam pemerintahan. (*)

BERITA REKOMENDASI