Netanyahu Optimis Kedubes Negara Lain Ikut Pindah Yerusalem

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Ratusan negara anggota PBB resmi mendukung resolusi yang isinya menolak pengakuan Amerika Serikat (AS) atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Meski demikian, Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengklaim beberapa negara sudah mempertimbangkan pemindahan Kedutaan Besar dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Kita sekarang berbicara kepada beberapa negara yang serius mempertimbangkan mengikuti langkah AS memindahkan kedutaan ke Yerusalem,” ujar Benjamin Netanyahu.

Pada Kamis 21 Desember, Majelis Umum PBB mengesahkan resolusi tidak mengikat yang mengutuk pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem. PBB juga mengimbau agar negara-negara anggota tidak mengikuti langkah AS dengan memindahkan misi diplomatik mereka ke Yerusalem.

Meski Israel mengakui Yerusalem sebagai ibu kota, dunia internasional bersikeras menginginkan status kota suci itu ditentukan lewat perundingan damai dengan Palestina. Namun, Netanyahu sekali lagi menegaskan bahwa keputusan Presiden Donald Trump atas Yerusalem adalah pengakuan terhadap sejarah. (*)

BERITA REKOMENDASI