Netanyahu Sangat Peduli Kepada Warga Palestina

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL (KRjogja.com) – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, telah memicu kemarahan di kalangan pegiat pro-Palestina setelah mengklaim bahwa Israel lebih peduli pada warga Palestina ketimbang pemimpin Palestina sendiri.

Netanyahu sebelumnya menuduh Hamas telah menyedot dana dari kelompok-kelompok kemanusiaan di Jalur Gaza untuk mendanai peralatan perang. ”Saya, Perdana Menteri Israel, lebih peduli Palestina daripada yang dilakukan pemimpin mereka sendiri,” lanjut Netanyahu.

Komentar PM Israel ini menyusul penangkapan dua pekerja bantuan dari World Vision dan PBB, yang dituduh mencuri dana untuk kegiatan teroris di Gaza. ”Rakyat Palestina yang innocent dan miskin menolak bantuan penting yang dipasok dari negara di seluruh dunia,” ujar Netanyahu.

Pidato Netanyahu dalam video itu memicu kemarahan kelompok tertentu yang pro-Palestina. Shawan Jabarin, direktur umum dari kelompok hak asasi Palestina Al-Haq mengatakan Netanyahu bermaksud mendiskreditkan kelompok internasional yang beroperasi di wilayah kantong Palestina dan mengkonsolidasikan kontrol Israel dari bantuan keuangan. ”Mereka berusaha merusak pekerjaan organisasi bantuan internasional,” kesal Jabarin. (*)

BERITA REKOMENDASI