Netanyahu Segera Temui Trump

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Ditengah skandal korupsi, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dijadwalkan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Gedung Putih pada Senin (05/03/2018) waktu setempat. Seorang pengamat politik dari Hebrew University, Gayil Talshir, mengatakan bahwa lawatan ini dapat mendorong kembali popularitas Netanyahu di tengah isu korupsi menjelang pemilihan umum.

Talshir mengatakan bahwa kedua pemimpin negara ini tidak hanya bersahabat, tapi juga menggunakan pendekatan populis yang mirip ketika menghadapi kegaduhan dalam negeri. Ketika dirundung dua kasus korupsi berbeda hingga berulang kali diinterogasi oleh polisi, Netanyahu selalu menggunakan strategi Trump dengan mengatakan bahwa isu tersebut hanya "berita palsu" belaka.

Berulang kali pula Netanyahu mengklaim tak terlibat dalam dua kasus korupsi dan suap, mengatakan bahwa dia target dari kampanye hitam bermotif politik. "Saya pikir, mereka adalah rekan dalam ideologi, dan ideologi itu adalah populis, ideologi konservatif yang mengatakan bahwa para elite liberal tua melawan kita," ucap Talshir.

Melalui kunjungan ini, Netanyahu juga akan memastikan dukungan kuat Washington padanya dengan membicarakan rincian rencana pemindahan gedung kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. (*)

BERITA REKOMENDASI