New Delhi Dikepung Demonstran

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Ribuan petani dilaporkan telah memenuhi ibu kota New Delhi dan berniat untuk berkemah selama berpekan-pekan guna memprotes undang-undang pertanian baru di India.

Pemimpin aksi menuturkan jika para petani dari negara bagian Punjab, Haryana, dan Uttar Pradesh mulai berdatangan dengan traktor dan berjalan kaki di pinggiran New Delhi sejak pekan lalu. Mereka memblokir jalan dan mendirikan kamp darurat.

Beberapa dari mereka tidur di jalan atau di traktor, sementara beberapa tempat ibadah menawarkan makanan kepada para demonstran. Polisi setempat telah berusaha menghalangi demonstran memasuki kota.

Menurut pejabat senior polisi dari Haryana, Manoj Yadav, polisi pada Kamis dan Jumat menembakkan gas air mata dan meriam air setelah demonstran melempari polisi dengan batu dan merusak properti umum.

Sementara seorang koordinator media, Ashutosh Mishra, demonstran berkumpul di masing-masing dari tiga perbatasan New Delhi. Mishra memperkirakan akan ada lebih banyak petani dari seluruh negeri yang akan bergabung dalam aksi tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, polisi telah memasang penghalang untuk mencegah demonstran masuk ke pusat kota guna mengadakan aksi duduk. Aksi demonstrasi terjadi ketika New Delhi tengah menjadi hotspot penularan virus corona dengan lebih dari 9,4 juta kasus yang dilaporkan. (*)

BERITA REKOMENDASI