News South Wales Imbau Warga Tunda Perjalanan, Ini Alasannya

SYDNEY, KRJOGJA.com – Pemerintah New South Wales mengimbau kepada warganya yang ingin merayakan Natal untuk menunda perjalanan karena kondisi kebakaran hutan yang bisa mengancam jiwa.

"Kami meminta semua orang untuk tidak melakukan perjalanan di jalan dekat api yang aktif kecuali Anda benar-benar harus melakukannya," kata Gladys Berejiklian, perdana menteri NSW mengutip BBC, Sabtu (21/12/2019).

Naiknya suhu dan angin kencang akan memperburuk kebakaran di tiga negara bagian Australia pada hari Sabtu. Lokasi kebakaran di tiga titik api di sekitar Sydney sudah mencapai tingkat darurat.

 

 

Sebelumnya, pemerintah NSW pada Jumat 20 Desember mengeluarkan status keadaan darurat untuk negara bagian itu terkait gelombang panas.

Rata-rata suhu di sejumlah kota di Australia di atas 40 C. Cuaca yang lembab serta angin kencang membuat sekira 10 ribu petugas kebakaran kesulitan mengatasi kebakaran yang telah berlangsung berbulan-bulan.

"Mereka dalam kondisi yang paling buruk. Mengingat kami [Australia] banyak memiliki lanskap dengan titik api yang aktif," kata Komisaris Layanan Pemadam Kebakaran Wilayah NSW Shane Fitzsimmons.

Dua petugas pemadam kebakaran sukarela meninggal pada hari Kamis ketika mereka menangani api besar di dekat Sydney. Kebakaran juga telah merusak negara bagian Victoria dan Australia Selatan, tempat dua warga sipil tewas pada hari Jumat

Sejak September, darurat kebakaran hutan di Australia telah menewaskan delapan orang, menghancurkan lebih dari 700 rumah dan menghanguskan jutaan hektare lahan. (*)

BERITA REKOMENDASI