Nigeria Bebaskan 475 Militan Boko Haram

Editor: Ivan Aditya

NIGERIA, KRJOGJA.com – Nigeria membebaskan 475 tersangka anggota kelompok teroris Boko Haram, setelah serangkaian persidangan massal, akibat kurang bukti. Selama sepekan terakhir, ratusan tersangka ekstremis Boko Haram disidangkan di Pangkalan Militer Kainji, Negara Bagian Niger, Nigeria Tengah.

Perintah pembebasan tersebut dikeluarkan pada Jumat (16/02/2018). Ke-475 tersangka anggota Boko Haram dikembalikan ke negara bagian masing-masing, sebelum kembali ke pangkuan keluarga mereka, kata juru bicara Kementerian Kehakiman Salihu Othman Isah.

Dia menyatakan para tersangka ditangkap dengan tuduhan menjadi anggota Boko Haram, atau mengungkapkan informasi soal rencana kelompok tersebut, atau keberadaan anggotanya. "Jaksa tidak dapat mendakwa mereka karena kurang bukti. Karena itu para tersangka dibebaskan," kata Othman Isah.

Di antara para tersangka yang dibebaskan, terdapat seorang perempuan muda yang memiliki bayi berusia tidak bulan asal negara bagian Borno.  Perempuan muda tersebut dibawa ke sarang Boko Haram oleh kakaknya. (*)

BERITA REKOMENDASI