Obama Enggan Bertemu Duterte

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Hinaan yang dilontarkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte terhadap Presiden AS Barack Obama membuat jadwal pertemuan keduanya di Laos menjadi tak jelas.

“Dia (Duterte) orang yang sangat unik. Saya ingin memastikan apakah pertemuan saya dengannya akan produktif,” kata Obama disela-sela KTT G-20 di Hangzhou, China.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte sebelumnya secara terbuka menghina Presiden AS Barack Obama dengan sebutan ‘anak pelacur’. Hinaan ini dilontarkan Duterte sembari mengatakan dia tak mau ‘dikuliahi’ Obama soal HAM saat keduanya bertemu di KTT Asia Timur di Laos.

Kalimat makian yang dilontarkan Duterte biasa digunakan kepada orang yang tak disukai atau dibenci. Amerika Serikat belakangan memang mengecam kebijakan perang melawan narkoba yang dicanangkan Duterte karena telah menewaskan sedikitnya 2.400 orang dalam dua bulan terakhir.

Begitu banyaknya korban tewas ini yang memicu pertanyaan banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan PBB. Meski demikian, Duterte bersikukuh tak akan menghentikan langkahnya itu. (*)

BERITA REKOMENDASI