Obama Jadi Nama Virus Baru Yang Ditemukan

SAINT JOSEPH (KRjogja.com) – Tenyata nama Barack Obama saat ini bukan hanya menjadi nama Presiden ke-44 Amerika Serikat. Pasalnya, sebuah parasit yang baru ditemukan diberi nama yang serupa dengan Presiden AS tersebut. 

Berdasarkan Journal of Parasitology edisi Agustus, terdapat pengumuman mengenai penemuan parasit baru yang menginfeksi hewan kura-kura pipi putih dan kura-kura batok. ‘Baracktrema obamai’ merupakan nama resmi dari parasit tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Los Angeles Times, Sabtu (10/9/2016), parasit itu sendiri ditemukan oleh Thomas R Platt, seorang pensiunan peneliti di St Mary College yang berada di St Joseph County, negara bagian Indiana, Amerika Serikat. Selama beberapa dekade, Platt sudah berkecimpung dalam dunia penelitian virus pada hewan kura-kura. 

Ia memutuskan menggunakan nama ‘Obama’ sebagai nama dari virusnya tersebut setelah mengetahui dirinya merupakan saudara jauh dari Presiden AS itu. Platt menegaskan, penamaan itu merupakan penghormatan terhadap Obama. Ini bukan pertama kalinya nama Obama digunakan untuk penemuan baru dalam ilmiah. Sebelumnya, nama Obama pernah digunakan untuk menamai ikan etheostoma obama serta laba-laba yang bernama aptostichus barackobamai. (*)

BERITA REKOMENDASI