Obama Komentari Hasil Pilpres Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Mantan Presiden Barack Obama menyebut hasil pemilihan presiden menunjukkan bahwa Amerika Serikat tetap terpecah belah.

“Apa yang dikatakan (dari hasil pilpres) adalah kita masih sangat terpecah. Kekuatan dari pandangan dunia alternatif yang disajikan di media untuk dikonsumsi para pemilih, itu membawa banyak beban,” kata Obama.

Obama khawatir akan kondisi tersebut. “Ya. Sangat sulit bagi demokrasi kita untuk berfungsi jika kita beroperasi berdasarkan fakta yang sama sekali berbeda,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Obama juga membela kampanye aktifnya untuk presiden terpilih, Joe Biden dengan mengatakan bahwa Biden akan menjamin kritik publik, sesuatu yang tidak dilakukan oleh Trump.

“Saya pikir kita berada dalam keadaan di pilpres ini di mana norma-norma tertentu, nilai-nilai kelembagaan tertentu yang sangat luar biasa penting, telah dilanggar. Itu penting bagi saya, sebagai seseorang yang pernah menjabat di kantor itu, untuk sekadar memberi tahu orang-orang ‘Ini tidak normal’,” terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI