OKI Bahas Upaya Serangan Rudal Houthi

Editor: Ivan Aditya

ARAB (KRjogja.com) – Organisasi Kerja Sama Negara Islam (OKI) akan menggelar pertemuan tingkat menteri untuk mendiskusikan percobaan gagal penyerangan rudal oleh kelompok militan Houthi yang menargetkan kota suci Mekkah pada Oktober lalu. Pertemuan tingkat menteri ini merupakan kelanjutan dari pertemuan darurat antara komite eksekutif OKI pada pekan lalu yang juga membahas perkembangan mengenai insiden upaya penyerangan tersebut.

Hasil pertemuan itu menyatakan bahwa komite eksekutif mengecam seluruh pihak yang berupaya membantu dan menyediakan senjata bagi para anggota militan dalam mengupayakan penyerangan yang ditargetkan pada Kota Mekkah tersebut.

Para komite eksekutif OKI menyimpulkan percobaan penyerangan itu sebagai sebuah tindakan agresi yang memprovokasi seluruh umat muslim di dunia dan bukti penolakan kelompok Houthi untuk mematuhi tuntutan komunitas internasional. OKI sangat mengutuk upaya penyerangan terhadap kota suci bagi umat Islam oleh kelompok Houthi tersebut. Upaya penyerangan itu telah mengejutkan bangsa Arab Saudi sekaligus umat Muslim di seluruh dunia.

Koalisi Arab Saudi mengumumkan pasukannya berhasil mengintersepsi rudal balistik yang diluncurkan dari wilayah Yaman dan menargetkan kota suci Mekkah itu. Serangan ini merupakan salah satu yang berhasil digagalkan Saudi di tengah konflik di Yaman yang berkepanjangan. (*)

BERITA REKOMENDASI