Oktober 2017, Renovasi GBK Rampung

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono menargetkan pembangunan fisik dari renovasi Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk Asian Games XVII 2018 rampung pada Oktober tahun depan. 

"Kita dibatasi waktu, jadi kalau paket pekerjaan rehabilitasinya ditargetkan selesai semua Oktober 2017," ujar Basuki usai Penandatanganan Kontrak Rehabilitasi Venue GBK, Senin (15/8/2016). 

Dia menerangkan, dikebutnya pengerjaan renovasi tersebut dikarenakan pada tahun depan akan lebih dulu diselenggarakan Asian Youth Games 2017. "Semua kawasan akan diubah jadi tidak hanya venue-nya saja. Karena Asian Games-nya sendiri Agustus 2018, jadi Oktober 2017 sudah selesai sebelum Asian Youth Games," ujarnya.

Direktur Penataan Bangunan Diretorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Adjar Prayudi mengungkapkan, anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk renovasi tersebut sebesar Rp2,8 triliun. "Telah dialokasikan menggunakan mekanisme tahun jamak, yang terbagi dalam dua tahun anggaran yaitu 2016 dan 2017 untuk laksanakan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2016 kemarin untuk mendukung Asian Games," ungkapnya saat Penandatanganan Kontrak Pembangunan Venue GBK, Senin (15/8/2016). 

Adapun pembangunannya antara lain mencakup renovasi 12 venue, fasilitas latihan, dan penataan Kawasan Kompleks GBK Senayan serta Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.  "Tapi sebelum Asian Games akan lebih dulu digunakan untuk event Asian Youth Games 2017 sebagai test event ajang Asian Games. Paket renovasi tersebut dilaksanakan dengan sistem Kontrak Terintegrasi Rancang dan Bangun serta sistem kontrak konvensional," pungkasnya. (*)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI