Optimisme Kopi Indonesia Menerjang Pasar Nordik

NORDIK, KRJOGJA.com – Dalam pertemuan yang dihadiri oleh para penggiat kopi, wakil pemerintah, asosiasi, barista, dan pengamat kopi baik dari Indonesia dan Swedia, terlihat antusiasme untuk bekerjasama dan saling memberikan info ketika potensi speciality coffee itu besar.

Bertindak selaku moderator dalam pertemuan tersebut adalah Dubes RI untuk Swedia dan Latvia 2016-2020, Bagas Hapsoro

”Kopi Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Meskipun terdapat kopi jenis Geisha Panama, Blue Mountain, dan sebagainya. Tetapi Indonesia lebih kaya. Banyak daerah yang memproduksi dengan ciri khasnya masing-masing”, demikian kata Syafrudin, Ketua Coffee Speciality Association of Indonesia (SCAI) dalam pertemuan virtual yang diselenggarakan Kemlu RI, Selasa sore (29/9).

Mengawali pertemuan, mantan Dubes RI di Azerbaijan, Prayono Atiyanto, menyatakan bahwa fokus kepada specialty coffee harus menjadi prioritas. ”Saya perlu menekankan bahwa kita menitik beratkan kepada hasil yang spesifik. Bahan yang sudah ada kita garap secara maksimal dan konsisten”, ujar Prayono. ”Sahabat kopi Indonesia harus menggarap hal ini dengan serius, karena mampu menciptakan value-added yang sangat besar dengan kapasitas produksi yang tidak besar” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI