Orang Terkaya di China Kini Bukan Lagi Jack Ma

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Colin Huang pendiri dan CEO ecommerce China, Pinduoduo, didapuk sebagai orang terkaya kedua di China. Posisi Colin Huang ini bahkan menggeser posisi pendiri Alibaba, Jack Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index mengumumkan kekayaan Huang saat ini mencapai US$45,4 miliar.

Kekayaan Huang ini berada di bawah orang terkaya China saat ini, yakni CEO Tencent Holdings Ma Huateng alias Pony Ma. Forbes Real-Time Billionaire Index menyebut kekyaan Pony Ma saat ini diperkirakan mencapi US$51,5 miliar.

Kenaikan kekayaan Colin Huang ini dibantu dari kenaikan saham Pinduoduo yang dipimpin Huang. Saham Pinduoduo naik 6 persen ke level tertinggi sepanjang masa, yakni US$87,58 di perdagangan Nasdaq, Jumat (19/6).

Kenaikan nilai saham itu secara otomatis mendambah pundi-pundi harga Huang yang kini berusia 40 tahun menjadi US$45,4 miliar.

Melansir Forbes, posisi Jack Ma kini menjadi orang terkaya ketiga di China. Jack Ma sendiri mundur dari Alibaba untuk fokus pada filantropi. Ia memiliki kekayaan sebanyak US$43,9 miliar.

Peningkatan lebih dari 300 persen saham Pinduoduo pada tahun lalu itu telah makin mendekatkan kekayaan Huang dengan pendiri Google. Huang sendiri sebelumnya adalah seorang mantan insinyur Google.

Pendiri Google Larry Page diketahui memiliki kekayaan US$64,3 miliar dan Sergey Brin sebesar 62,6 miliar. Meski masih kalah dari kedua sosok itu, Huang jauh mengungguli kekayaan mantan CEO Google Eric Schmidt yang hanya memiliki kekayaan US$15,1 miliar. (*)

BERITA REKOMENDASI