Pakistan dan India Saling Usir Diplomat

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – India berencana mengusir sebagian staf kedutaan besar Pakistan di New Delhi setelah menuduh sejumlah pejabat kedubes tersebut menjadi mata-mata terhadap negaranya.

“Mereka (Pakistan) telah terlibat sejumlah aksi spionase dan terus berhubungan dengan organisasi teroris,” kata Kementerian Luar Negeri India.

Selain mengusir staf kedubes Pakistan, India juga berencana memulangkan beberapa staf kedutaannya di Islamabad dengan jumlah yang sama. Merespons hal tersebut, Pakistan membantah tuduhan mata-mata tersebut dan berencana melakukan hal serupa dengan mengusir sejumlah staf kedubes India di Islamabad.

Pakistan menegaskan bahwa seluruh staf kedubesnya di India bersikap patuh pada hukum setempat. “Sebagai tindakan timbal balik, kami akan mengusir setengah staf dari kedubes India di Islamabad,” bunyi pernyataan Kemlu Pakistan.

Baik Pakistan maupun India menuturkan memberikan waktu seminggu agar diplomat-diplomat tersebut angkat kaki dari masing-masing negaranya.

Saling usir diplomat memang kerap terjadi antara India-Pakistan, dua negara berkekuatan senjata nuklir yang kerap berselisih. Sebagian besar pengusiran itu juga terkait tuduhan spionase. (*)

BERITA REKOMENDASI