Palestina akan Gelar Rapat Timur Tengah

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, berencana menggelar rapat bersama perwakilan negara Timur Tengah di sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pekan depan guna mendiskusikan prospek perdamaian di kawasan.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan Abbas akan bertemu dengan sedikitnya 30 menteri luar negeri dan diplomat, termasuk kepala komite PBB yang terlibat dalam konflik Palestina, pada 26 September. Rapat itu digelar sehari sebelum Abbas dijadwalkan menyampaikan pidatonya di depan Majelis Umum PBB.

Mansour tak menjelaskan detail rapat tersebut, tapi dia mengatakan di bawah pemerintahan Trump, AS telah menunjukkan perubahan radikal terkait proses perdamaian Israel-Palestina. Rapat tersebut digelar saat Palestina dan Amerika Serikat tengah berada dalam krisis diplomatik sejak Presiden Donald Trump memutuskan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Yerusalem merupakan kota suci bagi tiga agama yang selama ini menjadi sumber konflik Israel-Palestina. Keduanya sama-sama mengklaim kota itu sebagai ibu kota masa depannya. (*)

BERITA REKOMENDASI