Partai Komunis China Siap Sambut Inspeksi WHO

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Para pemimpin Partai Komunis China melakukan konsolidasi menjelang kunjungan tim penyelidikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mencari asal mula penyebaran virus corona (Covid-19). Mereka menyampaikan pujian kepada diri pemerintah atas keberhasilan menangani pandemi Covid-19.

Biro Politik Partai Komunis China menyatakan bahwa kepemimpinan partai memainkan peran penting dalam mengatasi pandemi Covid-19 di dalam negeri. “Pada saat kritis Komite Sentral Partai mengambil pandangan jangka panjang, mencapai kemuliaan yang sangat luar biasa di tahun yang sangat tidak biasa ini,” menurut laporan kantor berita pemerintah China, Xinhua.

Pertemuan Biro Politik dua hari yang lalu dilakukan sebelum tim ahli WHO diperkirakan tiba di China, untuk menyelidiki asal-usul hewan penyebar Covid-19. “Penyelidikan itu bukan tentang menemukan negara yang bersalah atau otoritas yang bersalah, tetapi tentang memahami apa yang terjadi untuk menghindarinya di masa depan,” kata salah seorang anggota tim ahli WHO.

Pada saat awal pandemi Covid-19, China menghadapi rentetan kritik dari dalam dan luar negeri karena virus yang disebut berasal dari Kota Wuhan tersebut. China juga dituduh menutupi virus Covid-19 dan akibatnya virus telah menyebar ke berbagai negara.

Saat ini, sebagian besar wilayah China berhasil menahan penyebaran virus. China juga satu-satunya negara yang melaporkan pertumbuhan ekonomi tahun ini. (*)

BERITA REKOMENDASI