Partai Merkel Diprediksi Menangi Pemilu Jerman

BERLIN, KRJOGJA.com – Tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Jerman sudah dibuka. Dengan demikian, pemilihan umum federal resmi berlangsung. Pemilihan umum tersebut sangat penting sebab Kanselir Angela Merkel berupaya meraih periode keempat masa jabatannya sejak 2005.

Perempuan kanselir pertama itu berharap agar Partai Kristen Demokratik (CDU) yang dipimpinnya tetap dapat mempertahankan kursi mayoritas di Bundestag, Parlemen Jerman. CDU diprediksi mendapat perlawanan keras dari Partai Sosial Demokratik (PSD) yang merupakan bekas koalisinya di parlemen.

Diwartakan BBC, Minggu (24/9/2017), TPS dibuka serentak di seluruh Jerman pada pukul 08.00 waktu setempat. Masyarakat Negeri Panser dapat memberikan suaranya hingga TPS ditutup pada 18.00 waktu setempat atau sekira pukul 23.00 waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Exit poll pertama dari pemilihan umum tersebut dapat diketahui segera setelah TPS ditutup secara serentak. Pemilihan kali ini dianggap penting karena bisa menghasilkan, untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, pembagian kursi bagi enam partai di Bundestag.

Diberitakan ITV, Partai CDU diprediksi kembali memenangkan pemilihan umum tersebut. Akan tetapi, perolehan suaranya diperkirakan hanya mencapai 37% dari jumlah kursi di parlemen. Jajak pendapat terakhir menempatkan CDU sebagai unggulan dan SPD di tempat kedua dengan 21-22% suara.

Kemenangan CDU dapat menjadi pendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Jerman, penyeimbangan anggaran negara, serta peningkatan kepentingan internasional. Sementara itu, isu utama dalam pemilihan kali ini adalah terkait imigran, terutama banjir pengungsi yang masuk ke Jerman sejak 2015 berkat kebijakan pintu terbuka Angela Merkel.

Perempuan berusia 63 tahun itu selama kampanye terus menyebutkan prestasi-prestasi yang dicapai dalam 12 tahun masa pemerintahannya. Merkel diprediksi mendapat perlawanan sengit dari Martin Schulz yang merupakan mantan Presiden Parlemen Eropa. (*)

BERITA REKOMENDASI