Partai Palang Pracharat Klaim Kuasai Parlemen Thailand

Editor: Ivan Aditya

THAILAND, KRJOGJA.com – Pemilihan umum di Thailand semakin memanas setelah partai pro junta militer, Palang Pracharat, disebut unggul sementara dalam hitung cepat. Namun, partai oposisi Pheu Thai mengklaim mereka berhasil menduduki mayoritas di majelis tinggi parlemen, dan bersiap membentuk pemerintahan dan koalisi yang sejalan dengan mereka.

Komisi Pemilihan Umum Thailand hingga saat ini belum menyatakan hasil penghitungan suara. Menurut mereka, hasil pemungutan suara keseluruhan akan disampaikan pada Jumat (29/03/2019) mendatang.

KPU Thailand menyatakan hari ini hanya akan mengumumkan hasil pemungutan suara untuk 350 anggota majelis tinggi. Sedangkan untuk 150 posisi majelis rendah bakal menyusul.

Pemilihan umum kali ini menjadi persaingan sengit antara faksi pro junta militer dan oposisi. Partai Pheu Thai yang merupakan pendukung kakak beradik mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dan Yingluck Shinawatra masih mempunyai basis pendukung yang kuat di daerah pedesaan.

Dari 94 persen suara yang terhitung hingga Minggu (24/03/2019) malam, Partai Palang Pracharat menempati posisi teratas dengan perolehan suara 7,69 juta. Sedangkan Pheu Thai, meraih 7,23 juta suara. (*)

BERITA REKOMENDASI