Patriarch Ortodoks Rusia Tahbiskan Uskup untuk Jakarta

MOSCOW, KRJogja.com – Gereja Kristen Ortodoks Rusia menunjuk Uskup Pitirim (Dondenko) sebagai Uskup Kristen Ortodoks untuk Jakarta Indonesia. Pentahbisan dipimpin langsung oleh pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, yaitu Patriarch Kirill yang merupakan Patriarch Moskow dan Seluruh Rusia. Pentahbisan bertempat di The Tomb Chapel of Levchenko, Donskoy Monastery, Moskow, Selasa (1/9).

Upacara pentahbisan berlangsung selama 1,5 jam ini dilakukan dalam Bahasa Slavia. Acara dihadiri para pemuka agama Ortodoks, antara lain para Uskup Ortodoks yang membawahi wilayah Asia, seperti Singapura, Jepang dan Filipina, serta ratusan umat Ortodoks Rusia. Hadir undangan lainnya, termasuk Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow/Wakil Duta Besar, Azis Nurwahyudi.

Dalam siaran pers KBRI yang diterima Redaksi KRJogja, Rabu (2/9) dinihari disebutkan setelah acara pentahbisan, secara khusus Azis diundang bertemu dengan Patriarch Kirill. Dalam kesempatan tersebut, Azis menyampaikan salam dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Azis juga menyampaikan perkembangan hubungan Indonesia dengan Rusia dan penyelenggaraan dialog lintasagama oleh Indonesia dengan berbagai negara, termasuk Rusia.

Disebutkan, dialog lintasagama Indonesia-Rusia terakhir kali diselenggarakan tahun 2018 di Moskow. Para tokoh agama dari Indonesia bertemu dengan tokoh agama Rusia, termasuk dari Gereja Ortodoks. “Pertemuan ini diharapkan jadi sarana untuk lebih meningkatkan hubungan antara warga kedua negara atau people to people contact, khususnya antar tokoh agama,” kata Azis.

Dalam pertemuan dengan Patriarch Kirill tersebut, Azis juga menyampaikan harapan agar Patriarch Kirill dapat berkunjung ke Indonesia di masa mendatang. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI