Paus Fransiskus Kritik Keuskupan Amerika

Editor: Ivan Aditya

VATIKAN, KRJOGJA.com – Pemimpin Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus mengkritik keuskupan Katolik di Amerika Serikat, terkait penanganan skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pastor. Dia menyatakan keuskupan justru saling menyalahkan dan menyalahgunakan kekuasaan untuk mempermainkan korban, sehingga semakin mencoreng kredibilitas gereja.

"Kredibilitas gereja sangat tercoreng dan ternodai oleh bentuk dosa dan kejahatan ini. Begitu juga upaya untuk menyangkal atau menutupinya," kata Paus Fransiskus dalam surat kepada Keuskupan AS.

Di dalam surat itu, Paus Fransiskus menyatakan kecewa dengan perpecahan dan sikap saling menyalahkan yang terjadi di Keuskupan AS. Menurut dia hal itu menyakiti dan membuat jemaat menjadi tidak percaya dengan gereja.

"Hati nurai jemaat dan misi gereja semakin tersakiti karena penyalahgunaan kekuasaan serta pelecehan seksual, karena cara kita yang keliru dalam menanganinya. Semakin menyakitkan melihat para uskup tidak bersatu dan saling menyalahkan daripada mencari jalan untuk rekonsiliasi," tulis Paus Fransiskus.

Kekecewaan Paus Fransiskus terhadap Keuskupan AS ditumpahkan dalam delapan lembar surat. Dia memaparkan sejumlah masalah yang tengah dihadapi oleh Gereja Katolik. (*)

BERITA REKOMENDASI