Paus Serukan Solusi Konflik Palestina – Israel

Editor: Ivan Aditya

VATIKAN, KRJOGJA.com – Paus Fransiskus menyerukan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel dalam pesan Natalnya.

"Mari kita berdoa keinginan untuk melanjutkan dialog akan menang di antara semua pihak dan solusi negosiasi bisa dicapai, solusi yang menciptakan perdamaian dua negara dengan kesepakatan dan perbatasan yang diakui secara internasional," kata Paus pada Senin (25/12) dalam pesan Natal "Urbi et Orbi" (untuk kota dan dunia).

Pidato Paus ini disampaikan hanya beberapa hari setelah resolusi Majelis Umum PBB yang mendesak Amerika Serikat membatalkan keputusan soal pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Jumat lalu.

Palestina menginginkan Yerusalem sebagai ibu kota bagi negara merdeka mereka di masa depan, sedang Israel menyebut seluruh wilayah Yerusalem sebagai ibu kota abadi mereka. "Kita melihat anak-anak Yesus di Timur Tengah terus menderita karena tensi yang terus naik antara Israel dan Palestina," ujar Paus dari balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Pidato ini menandai kali kedua Paus berbicara secara terang-terangan terkait Yerusalem setelah Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember lalu. Ketika itu, Paus menyerukan untuk menghormati "status quo" Yerusalem, jangan sampai tensi menimbulkan konflik lebih lanjut di Timur Tengah. (*)

BERITA REKOMENDASI