PBB Desak Penyelidikan Kasus Khashoggi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sejumlah utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak pembukaan penyelidikan internasional untuk mengusut kasus dugaan pembunuhan jurnalis pengkritik Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

"Kami yakin penyelidikan internasional harus diadakan melihat segala aspek kejahatan ini, termasuk korban, orang yang terlibat, dan lokasi pembunuhan itu diduga terjadi," ujar Utusan Khusus PBB untuk Eksekusi di Luar Hukum, Agnes Callamard.

Callamard menyampaikan desakan ini tak lama setelah Saudi mengakui bahwa pembunuhan Khashoggi di kantor konsulat mereka di Istanbul pada 2 Oktober lalu sangat terencana. "Bahkan Arab Saudi sendiri sudah mengakui bahwa kejahatan itu terencana dan melibatkan pejabat negara. Apakah mereka berindak atas nama negara, biarkan itu dibicarakan dan diselidiki lebih lanjut," ucapnya.

Menurut Callamard, jika sudah ada kerja sama antara Turki dan Saudi, penyelidikan internasional bisa diawasi langsung oleh Dewan Keamanan, Majelis Umum, Dewan HAM, bahkan Sekretaris Jenderal PBB. Sebelumnya, rekan Callamard di pokja yang sama, David Kaye, juga menyerukan hal serupa. Ia heran masyarakat internasional belum bergerak untuk menuntut penyelidikan atas kasus Khashoggi. (*)

BERITA REKOMENDASI