PBB Perintahkan Amerika Cabut Sanksi Terhadap Iran

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Iran menganggap kemenangan ada di pihaknya setelah Mahkamah Internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (ICJ) mengisyaratkan bisa memerintahkan Amerika Serikat mencabut sanksi terhadap Teheran.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menganggap keputusan ICJ itu sebagai kemenangan bagi negaranya. Ia menganggap ICJ menolak semua keberatan AS dalam kasus yang dibawa Iran ke pengadilan atas sanksi AS yang melanggar hukum.

“Iran selalu menghormati hukum internasional. Waktu yang tepat saat ini bagi AS untuk memenuhi kewajiban internasional,” kata Zarif.

Iran sempat menggugat AS ke ICJ tiga tahun lalu dengan menyatakan bahwa Gedung Putih telah melanggar perjanjian 1955 antara Washington-Teheran.

Namun, Trump menganggap Iran tak patuhi perjanjian dan secara sepihak menjatuhkan sanksi terhadap Teheran. Trump juga menarik AS keluar dari perjanjian nuklir 2015 yang dianggapnya kesepakatan terburuk sepanjang sejarah.

Dalam perjanjian itu, Iran didesak menghentikan program nuklir dan rudalnya dengan imbalan pencabutan serangkaian sanksi oleh AS dan negara Barat lainnya yang tergabung dalam perjanjian 2015 itu.Saat itu, AS di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump menjatuhkan kembali sejumlah sanksi terhadap Iran terkait program nuklirnya. Padahal, keduanya masih terlibat dalam kesepakatan nuklir 2015. (*)

BERITA REKOMENDASI