PBB Sambut Rencana Rusia Hentikan Serangan di Aleppo

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – PBB menyambut baik rencana Rusia menghentikan serangan di Aleppo selama 48 jam untuk jeda kemanusiaan. Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura meminta Rusia dan Amerika Serikat memastikan semua pihak yang terlibat konflik di Suriah menaati jeda pertempuran tersebut.

Diplomat Barat menyambut rencana Rusia, namun mempertanyakan alasan Moskow dan menekankan bahwa PBB harus memegang kendali atas keberlanjutan gerakan bantuan itu. De Mistura sudah lama menyerukan penghentian pertempuran selama 48 jam setiap pekan, untuk memungkinkan pengiriman bantuan dan evakuasi medis dari wilayah timur Aleppo yang dikuasai pemberontak maupun wilayah barat yang dikuasai pemerintah.

Ia menyambut baik pernyataan kementerian pertahanan Rusia itu dan mengatakan bahwa tim kemanusiaan PBB sekarang siap memobilisasi diri untuk menanggapi tantangan ini. "Rencana kami adalah secara kolektif menyelesaikan dengan baik rincian operasional, dan bersiap untuk pengiriman sesegera mungkin," kata kantor De Mistura.

Moskow harus memastikan sekutunya, pasukan pemerintah Suriah menaati jeda tersebut, sementara AS dan negara-negara kuat di kawasan harus memastikan para petempur oposisi juga mematuhinya, katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI