PBB Tolak Permintaan Amerika Kembali Sanksi Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menolak permintaan Amerika Serikat untuk mengembalikan semua sanksi PBB terhadap Iran.

Duta Besar Indonesia untuk PBB yang menjadi Presiden DK PBB, Dian Triansyah Djani, mengumumkan hal tersebut sebagai tanggapan atas permintaan Rusia dan China untuk mengungkapkan hasil jajak pendapat tentang pandangan ke-15 anggota dewan tentang usulan AS. Saat ini, Indonesia menjabat sebagai presiden dewan bergilir di DK PBB.

Semua anggota dewan kecuali Republik Dominika, menyatakan kepada presiden DK PBB bahwa tindakan pemerintah AS adalah ilegal karena Presiden AS, Donald Trump, menarik diri dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang ditandatangani pada 2018.

Pada akhir pertemuan virtual di Timur Tengah pada Selasa, Djani mengatakan kepada anggota bahwa tidak ada kesepakatan umum di antara anggota dewan.”Setelah menghubungi anggota dan menerima surat dari banyak negara anggota, bagi saya jelas bahwa ada satu anggota yang memiliki posisi tertentu dalam masalah tersebut, sementara ada sejumlah besar anggota yang memiliki pandangan bertentangan,” ujar Djani.

Hal itu menandakan DK PBB, setidaknya selama masa kepresidenan di bawah Indonesia, tidak akan memenuhi permintaan AS. (*)

BERITA REKOMENDASI