Pejabat Arab Saudi Dituding Dalang Kematian Jamal Khashoggi

TURKI, KRJOGJA.com – Tim yang dibentuk PBB dalam upaya penyelidikan kasus pembunuhan Jamal Khashoggi menyatakan bahwa pejabat Arab Saudi menjadi dalang kematian dari jurnalis tersebut.

Kesimpulan ini didapat dari hasil lawatan Agnes Callamard, pimpinan tim bentukan PBB tersebut saat melakukan lawatan ke Turki.

Dikutip dari laman presstv.com, Jumat (8/2/2019), Callamard menyebut ada bukti yang telah ia kumpulkan selama memimpin penyelidikan di Turki.

"Pembunuhan itu dilakukan secara brutal dan terencana," ujar Callamard.

Callamard juga menyebut, dalam upaya penyelidikan yang dilakukan oleh timnya banyak menghadapi hambatan. Terutama intelijen Turki yang dilarang untuk menyelidiki lokasi terduga pembunuhan Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi yang ada di Istanbul.

Callamard mencatat bahwa mereka memiliki "rekaman suara mengerikan" saat Jamal Khashoggi dibunuh. Rekaman suara tersebut didapatkan tim PBB dari intelijen Turki.

Meski demikian, Arab Saudi terus bersikeras bahwa tidak terlibat sama sekali atas kematian jurnalis tersebut.

Jamal Khashoggi, seorang pengkritik penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Muhammed bin Salman, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul ketika dia pergi ke sana untuk mengambil dokumen untuk pernikahannya dengan sang tunangan.(*)

BERITA REKOMENDASI