Pelaku Teror Bom Bangladesh Terungkap

Editor: Ivan Aditya

BANGLADESH (KRjogja.com) – Menteri Dalam Negeri Bangladesh, Asaduzzaman Khan menyatakan para pelaku bukanlah orang dengan latar Islam radikal. Mereka semua warga negara Bangladesh yang justru berasal dari latar kelas menengah.

"Para pelaku adalah anak orang kaya, punya riwayat pendidikan bagus," kata Khan, Senin (04/07/2016).

Kepolisian Bangladesh merilis nama-nama tersangka serangan kafe Holey Artisan Bakery pekan lalu. Nama-nama teroris yang tewas adalah Akash, Badhon, Don, dan Rohan. Sedangkan tersangka yang ditangkap hiup-hiup bernama Nibras Islam. Nibras diketahui pernah sekolah di Monash University Malaysia. Hampir semua tersangka adalah lulusan S1 di kampus dalam maupun luar negeri.

Polisi sudah menghubungi keluarga para teroris. Ternyata mereka menghilang selama beberapa bulan terakhir. Diduga mereka bergabung dengan Jumatul Mujahidin Bangladesh (JMB), salah satu jaringan teror di negara mayoritas muslim tersebut.

Khan mengaku belum mengetahui apakah klaim ISIS soal serangan di Dhaka benar. Adapun Inspektur Jenderal Polisi Shahidul Hoque mengaku masih mendalami apakah organisasi JMB berkaitan dengan aktivitas ISIS di Asia Selatan. (*)

BERITA REKOMENDASI