Peluncuran Rudal Korut Ancaman Keamanan Jepang

Editor: Ivan Aditya

TOKYO (KRjogja.com) – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengecam aksi Korea Utara (Korut) yang meluncurkan rudal dari kapal selam. Menurutnya, aksi tersebut tidak dapat dimaafkan dan menjadi ancaman serius bagi keamanan Jepang.

Abe mengatakan pemerintah Jepang akan mengajukan protes keras terhadap tetangganya yang terisolasi itu. “Ini merupakan ancaman serius terhadap keamanan Jepang, dan merupakan tindakan yang tidak dapat dimaafkan yang merusak perdamaian dan stabilitas regional secara nyata,” kata Abe kepada wartawan di kediaman perdana menteri.

Sebelumnya, militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korut menembakkan rudal balistik dari kapal selam di lepas pantai timurnya pada Rabu pagi. Aksi ini adalah yang terbaru dari serangkaian peluncuran rudal melanggar resolusi PBB.

Penembakan rudal balistik dari kapal selam Korut ini terjadi dua hari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) memulai latihan militer tahunan di Semenanjung Korea. Rezim Kim Jong-un mengutuk latihan militer itu karena diyakini sebagai persiapan untuk menginvasi Pyongyang. (*)

BERITA REKOMENDASI