Pembangkit Listrik Nuklir Pertama di Arab Dioperasikan

UEA, KRJOGJA.com – Uni Emirat Arab (UEA) mulai mengoperasikan pembangkit Barakah. Ini adalah pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Arab dan ke-33 di dunia. Pembangkit ini Pembangkit ini terletak di Abu Dhabi.

Proyek reaktor nuklir ini dibangun melalui kerja sama dengan Korea Electric Power Corporation (KEPCO), BUMN dari Korea Selatan. UEA menjadi negara satu-satunya yang telah membeli reaktor KEPCO.

Dikutip dari keterangan tertulis, Emirates Nuclear Energy Corporation, Minggu (2/8/2020), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah adalah proyek bersejarah yang meningkatkan peran utama UEA dalam transisi energi bersih global.

Pembangkit listrik Barakah akan memiliki empat reaktor dengan total kapasitas 5.600 megawatt. Saat beroperasi penuh, pembangkit listrik bertenaga nuklir ini akan memenuhi hingga 25 persen dari permintaan listrik nasional.

Selain itu, kehadiran pembangkit listrik tenaga nuklir Barakah itu juga mencegah pelepasan 21 juta ton emisi karbon setiap tahun, yang setara dengan menghilangkan 3,2 juta kendaraan yang menghasilkan polusi udara.

Pada awalnya, proyek pembangunan reaktor pertama ini akan dibuka pada 2017, tetapi proyek tersebut mengalami penundaan beberapa kali.

UEA

BERITA REKOMENDASI