Pemberontak Suriah Jual Senjata ke ISIS

Editor: Ivan Aditya

SURIAH, KRJOGJA.com – Para pemberontak Suriah yang didukung dan dilatih Amerika Serikat (AS) diketahui menjual senjatanya kepada kelompok ISIS. Praktik itu diungkap seorang pemberontak yang kini membelot ke pasukan rezim Suriah.

Senjata-senjata yang dijual para pemberontak Suriah yang selama ini diklaim sebagai oposisi moderat kepada ISIS merupakan senjata buatan AS. Pembelot bernama Asaad As-Salem mengungkapnya dalam wawancara dengan Rossiya-24.

Dia semula bagian dari kelompok pemberontak Maghawir al-Thawra yang didukung AS. Kelompok itu dilatih AS di pangkalan At-Tanf di Suriah selatan.

Salem bersama keluarganya memilih melarikan diri dari pangkalan itu dan menyerahkan diri kepada pasukan pemerintah Suriah loyalis Presiden Bashar al-Assad. Dia dan keluarganya kini tinggal di kamp pengungsi di dekat Damaskus.

Dalam wawancara dengan koresponden Rossiya-24, Eugeniy Poddubny, Salem mengaku sebelumnya menjadi kepala petugas keamanan di markas pemberontak tersebut. Dia dan orang-orang tertarik bergabung dengan kelompok pemberontak yang didukung AS untuk memerangi ISIS. (*)

BERITA REKOMENDASI