Pemerintah Amerika Desak Warga Florida Mengungsi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Badai Michael berubah menjadi badai kategori 3 yang akan melanda Florida, Amerika Serikat (AS). Badai hurikan ini mengakibatkan setengah juta penduduk wilayah itu didesak untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Pusat Badai Nasional (NHC) mengatakan bahwa badai Michael diperkirakan akan membawa gelombang air setinggi empat meter dan akan menghantam wilayah pedalaman. Pada Selasa (09/10/2018) malam waktu setempat, badai Michael menyebabkan gangguan terhadap produksi minyak dan gas saat mengarah ke utara.

Presiden AS, Donald Trump mengumumkan keadaan darurat untuk seluruh negara bagian Florida dan mengerahkan bantuan federal untuk membantu negara itu. NHC mengatakan jika badai itu memiliki kecepatan angin 195 kilometer per jam. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan besar pada berbagai rumah penduduk.

Direktur NHC, Ken Graham mengatakan bahwa Michael akan menjadi badai yang kuat saat mendekati pantai. Hal ini berbeda dengan badai Florence yang cenderung melambat dan melemah sebelum melanda Carolina Utara.

"Jika tanda-tanda badai ini berlanjut, orang-orang di Florida Panhandle saat bangun akan berhadapan dengan badai kategori 4 di depan pintu mereka," kata spesialis senior NHC, Stacy Stewart.

Badai Michael kemungkinan akan membawa hujan deras setinggi 30 cm di sejumlah wilayah Florida, Alabama, Georgia, dan Carolina. "Ini akan menjadi badai yang mengancam jiwa dalam beberapa cara," kata wali kota Port St. Joe, Bo Patterson. (*)

BERITA REKOMENDASI