Pemerintah Jajaki Kerjasama dengan Amerika Pengadaan Vaksin Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia dan Amerika Serikat tengah menjajaki kemungkinan kerja sama pengadaan obat dan vaksin virus corona (Covid-19). Meski begitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tak merinci seperti apa kerja sama pengadaan obat dan vaksin antar-kedua negara tersebut.

“Saya kemarin juga menerima telepon dari Menlu Amerika Mike Pompeo. Isu kedua yang saya diskusikan dengan Menlu Pompeo adalah terkait kerja sama melawan Covid-19, termasuk potensi kerja sama jangka panjang dalam hal obat dan vaksin,” kata Retno.

Namun, Retno menegaskan bahwa seluruh negara, tak terkecuali negara berkembang dan kurang berkembang, harus bisa mendapatkan akses yang adil terhadap obat dan vaksin corona dengan harga terjangkau.

Retno juga meminta kepemimpinan Amerika untuk memastikan akses yang adil itu tercapai ketika vaksin serta obat Covid-19 tercipta dan tersebar di pasaran.

Selain obat dan vaksin, dalam jumpa pers pekan lalu Retno menuturkan Indonesia dan AS juga masih terus berkomunikasi untuk merealisasikan kerja sama pengadaan mesin penunjang pernapasan atau ventilator yang dapat membantu pasien Covid-19. (*)

BERITA REKOMENDASI