Pemerintah Malaysia Berharap Indonesia Tak Moratorium Pengiriman TKI

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah Malaysia berharap Indonesia tidak menghentikan (moratorium) pengiriman pekerja migran ke negaranya.
 
Permohonan tersebut disampaikan langsung Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Sri Zahrain Mohamed Hashim kepada Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri, di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (2/3/2018).
 
"Kebijakan moratorium adalah hak pemerintah Indonesia. Namun kami berharap hal itu tidak dilakukan,” kata Datuk Sri, Sabtu (3/2/2018).
 
Menurutnya, antara Malaysia dan Indonesia sama-sama membutuhkan keberadaan pekerja migran di Malaysia. “Suplay-nya dari Indonesia, demand-nya Malaysia. Sama-sama membutuhkan, tinggal diperbaiki aturannya,” kata dia
 
Wacana moratorium pengiriman pekerja migran ke Malaysia mengemuka, menyusul kasus meninggalnya pekerja migran asal Nusa Tenggara Timur Adelina Lisao, bulan lalu. Ia meninggal setelah disiksa dan mendapatkan perlakuan tak manusiawi dari majikan.
 
Atas kejadian tersebut, pada kesempatan tersebut, Datuk Sri juga menyampaikan permohonan maaf serta menyatakan jika pemerintah Malaysia serius menangani masalah tersebut.
 
“Proses persidangan terhadap pelaku sedang dijalankan. Tuntutan hokum maksimalnya adalah hukuman mati. Pihak yang terlibat mempekerjakan almarhum secara ilegal juga diproses hukum,” jelasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI