Pemerintahan Trump Bakal Gugat Google

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah Amerika Serikat akan melayangkan gugatan kepada Google atas tuduhan monopoli yang tertuang dalam Undang-Undang AntiTrust. Dalam tuntutannya, Pemerintah AS memohon Departemen Kehakiman menyatakan bahwa Google melakukan praktik persaingan tidak sehat.

Menurut catatan pengadilan, keluhan itu juga bergabung dengan pengaduan pemerintah AS di 11 negara bagian lain termasuk Arkansas, Florida, Georgia, Indiana, Kentucky, Louisiana, Mississippi, Missouri, Montana, South Carolina dan Texas.

Hingga saat ini Google belum memberikan respons terkait tuduhan tersebut. Kongres menemukan bahwa Google dan raksasa teknologi lainnya menikmati “kekuatan monopoli” dan telah menggunakan dominasi mereka dengan cara anti persaingan.

Sebuah laporan bahkan telah menuduh Amazon memperlakukan penjual pihak ketiga dengan tidak benar. Tuntutan Departemen Kehakiman terhadap Google menandai langkah paling penting yang diambil pemerintah AS untuk meminta pertanggungjawaban Silicon Valley. (*)

BERITA REKOMENDASI