Pemilu Israel, Koalisi Benjamin Netanyahu Unggul Sementara

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Kelompok koalisi faksi sayap kanan yang mengusung Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengklaim unggul dalam pemungutan suara pemilihan umum Israel yang digelar pada Senin (02/03/2020).

Dari hasil hitung cepat sementara, Partai Likud yang menjadi pimpinan blok koalisi sayap kanan dilaporkan meraih 37 kursi di parlemen (Knesset). Mereka bersekutu dengan Partai Yamina dan dua partai berbasis agama di Israel.

Untuk sementara, koalisi Netanyahu dilaporkan meraih 59 kursi di parlemen. Sementara itu, koalisi pesaing Netanyahu yang dipimpin politikus Partai Biru Putih, Benny Gantz, dilaporkan meraup 54 kursi di parlemen.

Sedangkan Partai Yisrael Beitenu yang dipimpin Avigdor Lieberman meraih tujuh kursi, dan sampai saat ini belum menentukan sikap akan mendukung siapa. “Hal yang terbaik adalah kita menunggu hasil akhir sebelum membuat kesimpulan. Kami tidak akan mundur dari janji politik,” kata Avigdor.

Dalam pemilu pada April 2019, koalisi dipimpin Netanyahu meraih 60 kursi di parlemen. Namun, mereka tetap tidak bisa membentuk pemerintahan karena tidak mampu memenuhi persyaratan dukungan dari 120 kursi di parlemen.

Meski belum berakhir, Netanyahu langsung menyampaikan ucapan terima kasih terhadap para pendukungnya melalui Twitter. “Terima kasih. Kemenangan besar untuk Israel,” cuit Netanyahu. (*)

BERITA TERKAIT