Pemimpin Harus Berinovasi, Covid-19 Bisa Diatasi

JENEWA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan ada harapan untuk setiap negara bisa mengatasi pandemi virus Corona meski kasus pasien positif Covid-19 minggu ini akan mencapai 200 juta orang dengan 750 ribu kematian. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers yang digelar secara daring dari markas WHO di Jenewa, Senin (10/8/2020) waktu setempat.

“Setiap kematian itu penting. Saya tahu banyak dari Anda yang berduka dan ini adalah momen yang sulit untuk dunia. Akan tetapi, saya ingin jelaskan, ada secercah harapan dan tidak peduli negara atau daerah mana saja, tidak ada kata terlambat untuk mengatasi pandemi,” bebernya.

Ia mengatakan, ada dua elemen penting yang bisa menekan pandemi virus Corona, yakni para pemimpin harus mengambil tindakan dan warga negara perlu melakukan tindakan baru. Maksudnya, inovasi dibutuhkan agar kasus Covid-19 tak semakin banyak.

“Beberapa negara di daerah Mekong, Selandia Baru, Rwanda, negara di Kepulauan Karibia dan Pasifik bisa mengatasi virus ini lebih cepat. Bahkan, Selandia Baru bisa menjadi contoh global mengatasi pandemi. Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan sudah 100 hari negaranya terbebas dari transmisi lokal,” jelas Dr Tedros.

BERITA REKOMENDASI