Pemutusan Diplomatik, Qatar Terisolasi

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Pemutusan hubungan diplomatik yang diikuti larangan pesawat serta kapal laut Qatar melintasi Arab Saudi serta tujuh negara lainnya membuat Doha semakin terisolasi. Banyak warga khawatir akan kehabisan bahan pangan karena mayoritas makanan diimpor lewat laut Saudi.

Arab Saudi dan tujuh negara lainnya menyerukan Qatar untuk segera menghentikan dukungannya kepada kelompok teroris. Ketujuh negara itu adalah Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain, Yaman, Libia Timur, Maladewa, dan Mauritania. Saudi menyebutkan negara itu membantu keuangan kelompok Ikhwanul Muslimin dan Hamas.

Seruan untuk segera menghentikan bantuan keuangan untuk kedua kelompok tersebut dilontarkan Menlu Saudi Adel al-Jubeir. "Qatar harus segera menghentikan dukungannya untuk sejumlah kelompok teroris," ujar Adel.

Menlu Saudi menambahkan bahwa masalah Qatar bukan terjadi baru-baru ini. Menurut Adel, masalah itu sudah berlangsung lama sehingga wajar jika Saudi dan sejumlah negara lainnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha. (*)

BERITA REKOMENDASI