Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Ompong

JAKARTA (KRjogja.com) – Sebuah studi menyebutkan Dinosaurus Burung Unta atau disebut Limusaurus inextricabilis, dalam umur tiga tahun sudah kehilangan semua gigi runcingnya. 

Dilansir Livescience, Selasa (27/12/2016), selama usianya, dinosaurus jenis ini hidup sebagai binatang yang ompong. Hilangnya alat kunyah makhluk ini, mengakibatkan perubahan pola makan.

Dijelaskan peneliti, saat masih bayi dinosaurus yang hidup sekitar 160 juta tahun yang lalu ini kemungkinan berjenis omnivora. Namun sejak giginya tanggal, mereka beralih menjadi herbivora. 

"Perubahan drastis ini juga membantu menjelaskan mengapa burung memiliki paruh, namun tak memiliki gigi," jelas peneliti. Temuan ini didasarkan pada penelitian Profesor Biologi The George University, James Clark dari 2001-2011. 

Dia dan rekannya dari China secara berkala melakukan berjalanan ke Gurun Gobi untuk menggali fosil dari dinosaurus. "Ini adalah tempat yang fenomenal, ada banyak fosil," kata Clark. Secara khusus, mereka menemukan 19 spesimen L. inextricabilis, mulai dari usia bayi hingga dewasa (berusia kurang dari 1-10 tahun), yang kemungkinan semuanya meninggal karena terjebak dalam lubang lumpur. (*)

BERITA REKOMENDASI