Peneliti Terima Sinyal dari Bintang Pertama

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Para peneliti menerima sinyal radio yang diduga didapat dari bintang pertama. Temuan ini disebutkan bisa mengungkap misteri terbesar alam semesta. Temuan ini juga memberikan akan memberikan informasi mengenai bagaimana bintang dan segala sesuatu disekitarnya dimulai.

Anehnya, ternyata hidrogen yang ditemukan pada masa-masa awal terbentuknya alam semesta ternyata dua kali lebih dingin dari yang sebelumnya diperkirakan. Masih belum jelas mengapa hal ini terjadi.

Temuan ini akan makin mengungkap misteri bagaimana galaksi dan bintang terbentuk, begitu juga soal materi gelap yang ada disekitar kita namun tetap misterius. Materi gelap ini tidak pernah terlihat, tapi diperkirakan membentuk sebagian besar massa di alam semesta.

"Pertanyaan dari maeri gelap alam ini berada di rangking trtinggi misteri astrofisika abad ini," jelas Poshak Gandhi, associate professor di Universitas Astronomy Group Southampton.

Peneliti juga menduga suhu hidrogen yang lebih dingin tadi ada kaitannya dengan keberadaan materi gelap. Pertemuan antara materi gelap dan hidrogen panas menghasilkan materi "normal".

Para peneliti membedah gelombang radio dari luar angkasa dan menemukan sinyal lemah yang timbul ketika bintang pertama "menyala" pada 180 juta tahun setelah kelahiran semesta. (*)

BERITA REKOMENDASI