Pengadilan Filipina Bebaskan WNI Istri Bos Teroris Maute

JAKARTA, KRJOGJA.com – Minhati Madrais, WNI istri dari bos kelompok teroris Maute yang pernah menduduki Marawi, Filipina pada 2017 silam, telah dibebaskan dari tuntutan keterlibatan aksi teror oleh pengadilan di Kota Iligan pada Juni 2020.

Namun, Kementerian Luar Negeri RI belum memastikan tindakan yang akan diambil selanjutnya, termasuk soal pemulangan perempuan tersebut.

Meski demikian, kementerian memastikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao terus berkoordinasi dengan otoritas di Filipina untuk mengawal pembebasan Minhati, kata Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha.

“Selama proses pengadilan, MM (Minhati Madrais, red) didampingi oleh pengacara. Pada 26 Juni 2020, hakim memutuskan membebaskan MM karena kurangnya alat bukti dan surat penangkapannya dibatalkan hakim karena namanya tidak sesuai,” kata Judha saat pengarahan media di Kementerian Luar Negeri, sebagaimana disiarkan langsung lewat aplikasi Zoom, dikutip dari Antara, Sabtu (18/7/2020).(*)

BERITA REKOMENDASI