Pengangguran di Amerika Meningkat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Warga Amerika Serikat (AS) banyak yang mengajukan permohonan tunjangan pengangguran pada pekan lalu. Meskipun jumlah orang yang mendapatkan tunjangan ini masih berada di titik terendah dalam lebih dari 50 tahun.

Departemen Tenaga Kerja Amerika melaporkan, klaim pengangguran naik 19.000 menjadi 200.000 pada minggu terakhir di bulan April. Mereka yang baru pertama kali mengajukan permohonan tunjangan pengangguran ini mencerminkan jumlah PHK yang terjadi.

Klaim rata-rata selama empat minggu lalu, yang melunakkan sebagian kerentanan mingguan, naik 8.000 klaim dari minggu sebelumnya, menjadi 188.000.

Pekerja Amerika merasakan tingkat ketersediaan lapangan kerja yang kuat secara historis, dua tahun setelah pandemi virus corona yang membuat perekonomian mengalami resesi singkat.

Jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran di sebagian besar tahun ini, masih secara konsisten berada di tingkat pra-pandemi yaitu 225.000 orang, bahkan ketika ekonomi secara keseluruhan mulai berkontraksi.

Biro Statistik Tenaga Kerja Selasa melaporkan perusahaan-perusahaan Amerika mencatat rekor 11,5 juta lowongan pekerjaan pada bulan Maret lalu, atau berarti ada dua lapangan pekerjaan baru untuk setiap orang yang menganggur. (*)

 

BERITA REKOMENDASI