Pengungsi di Jerman Penyebab Kekalahan Partai Merkel

Editor: Ivan Aditya

BERLIN (KRjogja.com) – Meningkatnya serangan teroris yang dilakukan migran di Jerman telah menyebabkan partai petahana yang selama ini pro-pendatang kalah dalam pemilu legislatif di negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania. Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) yang selama ini membuat kebijakan pro-migran kalah dari partai antipendatang Partai Alternatif untuk Jerman (AfD). CDU berada di posisi ketiga dalam pemilu legislatif tersebut.

Hasil pemilu ini sangat mengejutkan banyak kalangan karena dalam sejarah politik Jerman, CDU adalah partai yang besar dan sering menjadi petahana, bergantian dengan partai besar lainnya, Partai Sosialis Demokrat (SPD).

AfD sendiri merupakan partai yang relatif baru yang muncul setelah Merkel dan partainya membuat kebijakan yang menerima jutaan migran dan pencari suaka dari kawasan Timur-Tengah. Dalam setahun terakhir, sekira 1,5 juta migran TimTeng, mayoritas asal Suriah membanjiri Jerman. Merkel menerima jutaan migran, khususnya dari Suriah karena menilai mereka telah menderita di negara asal sehingga berhak mendapatkan hidup layak di Jerman.

Menurut Merkel, serangan teroris yang terjadi di Jerman jangan dikaitkan dengan kebijakannya yang menerima jutaan migran. Penjelasan Merkel ini telah membuat banyak warga Jerman kecewa dan mengalihkan dukungan politik kepada partai baru AfD yang dengan tegas mengusung kebijakan antipendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI