Pengungsi Rohingya di Bangladesh Terima Bantuan dari Indonesia

Editor: Ivan Aditya

BANGLADESH, KRJOGJA.com – Duta Besar RI untuk Bangladesh, Rina Soemarno, mengatakan bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah diterima pemerintah Bangladesh dan akan didistribusikan kepada pengungsi Rohingya di kamp-kamp di Cox's Bazar mulai hari ini, Senin (18/09/2017).

"Menurut otoritas wilayah Cox's Bazar, bantuan Indonesia yang sudah sampai di daerah itu selanjutnya akan disalurkan hari ini ke 12 titik distribusi di wilayah pengungsi oleh otoritas setempat," kata Rina melalui keterangan tertulisnya.

Pendistribusian bantuan ini akan dibantu oleh sejumlah organisasi internasional seperti Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi (UNHCR) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) karena delegasi Indonesia belum diberikan akses ke Rakhine.

"Kami memperoleh informasi dari Kemlu Bangladesh merespons permintaan KBRI Dhaka, bahwa Pemerintah Bangladesh sementara ini tidak dapat memberikan izin bagi delegasi dari Indonesia untuk mengunjungi Cox's Bazar dan kamp pengungsi di sana karena alasan keamanan," kata Rina.

Namun, Rina memastikan bahwa bantuan RI yang sampai di Bangladesh pada 14-15 September lalu itu sudah di dalam gudang penyimpanan, bersama bantuan kemanusian yang berasal dari negara lain, seperti Maroko, India, dan Iran.

Hingga 16 September, Rina menjelaskan, sedikitnya 54 ton bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah sampai di Chittagong melalui enam kali pengiriman menggunakan pesawat C-130 milik TNI Angkatan Udara. (*)

BERITA REKOMENDASI