Pengusaha Amerika Dilarang Investasi di Perusahaan China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden melarang investor maupun perusahaan negeri Paman Sam untuk menanamkan investasi ke perusahaan pertahanan dan teknologi China. Larangan ini meluas dari yang sebelumnya pernah dikeluarkan oleh Presiden Donald Trump pada era kepemimpinannya dulu.

Larangan itu tertuang dalam aturan pemerintah yang ditekan Biden dan akan berlaku mulai 2 Agustus 2021. Larangan ditujukan ke 59 perusahaan dengan alasan ancaman mata-mata China.

Beberapa perusahaan yang tetap ada dalam daftar tersebut merupakan perusahaan yang pernah masuk daftar hitam (blacklist) Trump, seperti Huawei, Hikvision, China Mobile, China Telecommunications, dan China Unicom.

Gedung Putih menyatakan keputusan ini diambil karena ancaman mata-mata dari China semakin luar biasa. Kebijakan ini tentunya diprotes oleh China. Menurut pemerintah China, kebijakan ini akan membatasi dan merugikan bisnis dari perusahaan-perusahaan negeri tirai bambu. Bahkan, keputusan ini juga dinilai bakal merugikan investor global, termasuk dari AS sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI