Pentagon Diminta Bekukan Dana untuk Ukraina

Editor: Ivan Aditya

UKRAINA, KRJOGJA.com – Sebuah dokumen yang baru dirilis mengungkapkan bahwa anak buah Presiden AS Donald Trump membekukan dana keamanan untuk Ukraina tak lama setelah dia berbicara dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada 25 Juli. 

"Berdasarkan pedoman yang saya terima dan mengingat rencana Administrasi untuk meninjau bantuan ke Ukraina, termasuk Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina, harap tunda semua kewajiban tambahan Departemen Pertahanan terkait dana ini, sambil menunggu arahan dari proses itu," tulis Mike Duffey, pejabat Gedung Putih di Kantor Manajemen dan Anggaran (OMB). 

Ia juga diketahui merupakan pejabat yang bertanggung jawab untuk mengawasi dana keamanan nasional sekaligus pejabat politik Trump. 

Surel Duffey itu mengindikasikan dirinya tahu bahwa penangguhan dana itu dapat memicu kekhawatiran. 

"Mengingat sifat sensitif dari permintaan itu, saya menghargai Anda yang menjaga informasi yang perlu diketahui oleh pihak yang menjalankan arahan," kata dia. 

Surat ini merupakan petunjuk pertama yang jelas bahwa bantuan itu ditunda tak lama setelah Trump menelepon dan menekan Zelensky untuk melakukan penyelidikan politis. (*)

BERITA REKOMENDASI