Amerika Intip Perkembangan Nuklir China

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengungkap bahwa China tengah berupaya menggandakan hulu ledak nuklir dalam satu dekade mendatang. China saat ini memiliki 200 lebih hulu ledak nuklir dengan kemampuan meluncurkannya menggunakan rudal balistik melalui darat, laut dan udara.

“Tampaknya Beijing akan berusaha mengembangkan militer pada pertengahan abad yang setara dengan atau dalam beberapa kasus lebih unggul dari militer AS, atau kekuatan besar lainnya yang dipandang China sebagai ancaman,” bunyi laporan Pentagon.

Laporan itu juga mengungkap jika China berhasil mencapai tujuan itu dan AS gagal mengatasinya maka akan memiliki implikasi serius bagi kepentingan nasional Amerika dan keamanan internasional.

Selain untuk menyetarakan teknologi dengan AS, itu dilakukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) untuk dapat mencegah atau mengalahkan upaya Negeri Paman Sam atas campur tangan di Taiwan.

PLA disebut telah menyamai atau melampaui militer AS di beberapa bidang, termasuk pembuatan kapal, rudal balistik dan jelajah darat, serta sistem pertahanan udara. (*)

BERITA REKOMENDASI